TUJUAN SEKOLAH

TUJUAN SMAN 3 SAMPANG

Tujuan Pendidikan SMAN 3 Sampang merupakan penjabaran dari pencapaian misi dan mencakup seluruh indikator misi. Berikut tujuan Pendidikan SMAN 3 Sampang pada tahun 2021/2022 :

1. Menjalankan ibadah kepada Tuhan sesuai dengan ajaran agama
a. Warga sekolah terbias amelakukan sholat Dhuha saat istirahat pertama dan sholat Dhuhur berjemaah saat istirahat kedua
b. Pendidik dan peserta didik terbiasa mengawali dan mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan do’a
c. Peserta didik melakukan hafalan surat dalam juz 30 bagi yang beragama islam

2. Melaksanakan program pembinaan karakter untuk mewujudkan akhlaq mulia
a. Terciptanya budaya bebas Narkoba dan kekerasan di lingkungan sekolah, rumah danmasyarakat dengan terbentuknya komunitas peserta didik yang saling peduli sesama dalam naungan ekstra kurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)
c. Memiliki kelompok peserta didik yang mampu menjadi pelopor generasinya untuk berprilaku intelektual dengan tetap berpegang pada nilai religius melalui kegiatan ekstrakurikuler P4GN
d. Memiliki peserta didik yang berkarakter dan berwawasan luas melalui pembelajaran yang terintegrasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

3. Menumbuhkembangkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam lingkungan sekolah
a. Terbiasa menebar senyum antarwarga dalam lingkungan sekolah
b. Terbiasa bersalaman dengan kegiatan piket menyambut wargasekolah di pintu gerbang
c. Warga sekolah terbiasa disapa dengan bacaan asmaul husna saat masuk dan pulang sekolah

4.Membina peserta didik unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik sampai tingkat nasional
a. Rata-rata daya serap mater ipelajaran meningkat dengan menganalisis KKM tiap KD mata pelajaran sesuai standar Nasional
b. Prestasi bidang OSN meningkat melalui kegiatan bimbingan khusus peserta didik terpilih oleh pendidik yang kompeten dan mitra bimbingan belajar
c. Memiliki tim Karya Ilmiah Remaja melalui kegiatan ektrakurikuler KIR yang tangguh dan sanggup bersaing sampai tingkat Nasional
d. Peserta didik khususnya kelompok peminatan bahasa mampu berkomunikasi secara aktif dalam bahasa Inggris melalui kegiatan ekstra kurikuler English Study Club (ESC) dan bulan bahasa
e. Pembinaan khusus peserta didik yang berbakat pada cabang olahraga melalui ektrakurikuler Bola Basket, Bola Volly, Tenes Meja, Futsal, BuluTangkis, Pencak Silat untuk meraih prestasi tingkat nasional (O2SN)
f. Pembinaan khusus peserta didik yang berbakat pada bidang seni untuk meraih prestasi tingkat nasional melalui event FL2SN

5. Mencetak lulusan yang kompetitif
a. Prosentase lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri semakin meningkat melalui kegiatan bimbingan konseling secara instensif
b. Mencetak lulusan yang unggul di era globalisasi dengan cara menyajikan pembelajaran berbasis AKM (Asesmen Kompetensi Minimal)
c. Mecetak lulusan yang siap bersaing di tengah kehidupan masyarakat (punya rasa percaya diri) melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

6. Menumbuhkembangkan disiplin dalam kegiatan pembelajaran
a. Membudayakan peserta didik yang menghargai waktu dengan mengumpulkan tugas tepat waktu
b. Menanamkan rasa malu jika datang terlambat ke sekolah

7.Menumbuhkembangkan semangat kemaritiman yang pantang menyerah dalam kegiatan pembelajaran
a. Mencetak generasi yang nasionalis dimulai dengan mengenalkan jati diri bangsa dalam pembelajaran
b. Menanamkan semangat pantang menyerah dan bekerja keras dalam mencari bahkan mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipejari

8.Mengintegrasikan teknologi di era globalisasi kedalam kegiatan pembelajaran
a. Memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran
b. Memiliki peserta didik yang terampil di bidang IT melului program double trackjenis keterampilan Multimedia Desain Grafisdan Multimedia Fotografer

9.Menciptakan generasi yang kreatif dan ulet dalam berwirausaha sesuai dengan potensi lokal dan berdaya saing
a. Memiliki peserta didik yang terampil secara vocasi, terutama mereka yang tidak dapat meneruskan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi melalui program double track
b. Mencetak peserta didik yang memiliki mindset enterpreneur untuk siap bersaing melalui pendidikan kewirausahaan

10. Mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan
a. Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, indah, sejuk dan asri untuk menjamin kenyamanan peserta didik dalam belajar
b. Tercapainya peningkatan kuantitas dan kualitas fasilitas atau sarana sekolah yang ramah lingkungan serta berstandar Nasional

11. Menumbuh kembangkan karakter peduli warga sekolah untuk pencegahan kerusakan lingkungan
a. Menanamkan sikap ulet, gigih, sportif pada peserta didik dalam berkompetisi dan beradaptasi dengan lingkungan menanamkan sikap peduli dan bertanggungjawab pada peserta didik dalammen jaga lingkungan sekolah
b. Mencetak peserta didik yang peduli terhadap lingkungan dan mengembangkan potensi lingkungan hidup di dalam masyarakat, serta mampu menyelesaikan masalah lingkungan

12. Membudayakanperilakuwargasekolahdalampencegahanpencemaranlingkungan
a. Mencetakpesertadidik yang berprilakuhidupbersihdansehat di lingkungansekolah, rumahdanmasyarakat
b. Terciptanyabudayahidupbersihdancintasatwa di lingkungansekolah, rumahdanmasyarakat
c. Terbentuknyakomunitaspesertadidik yang saling peduli lingkungan dalam ektra kurikuler SMAGAPALA (SMAN 3 Sampang Pecinta Alam) SMAGA BISA
(Bersih, Indah, Santun, Amanah)